Tidak dapat diragukan lagi,bahwa sejak anak manusia yang pertama-tama lahir ke dunia,telah ada dilakukan usaha-usaha pendidikan; manusia telah berusaha mendidik anak-anaknya,kendatipun dengan cara yang sangat sederhana. Demikian pula semenjak manusia saling bergaul,telah ada usaha-usaha dari orang – orang yang lebih mampu dalam hal-haltertentu untuk mempengaruhi orang-orang lain, teman bergaul mereka,untuk kepentingan kemajuan orang-orang bersangkutan itu. Dari uraian ini jelaslah kiranya,bahwa masalah pendidikan adalah masalahnya setiap orang dari dulu hingga sekarang,dan diwaktu-waktu yang akan dating.
            Adalah merupakan keharusan bagi setiap pendidik yang bertanggung jawab,bahwa dia dalam melaksanakan tugasnya harus berbuat dalam cara yang sesuai dengan “keadaan” si anak didik. Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang berusaha memahami sesame manusia,dengan tujuan untuk dapat memperlakukannya dengan lebih tepat. Karena itu pengetahuan psikologis mengenai anak didik dalam proses pendidikan adalah hal yang perlu dan penting bagi setiap pendidik; sehingga seharusnya adalah kebutuhan setiap pendidik untuk memikili pengetahuan tentang psikologi pendidikan. Dan kalau diingat bahwa setiap orang pada sesuatu saat tentu melakukan perbuatan mendidik, maka pada hakekatnya psikologi pendidikan itu dibutuhkan oleh setiap orang. Kenyataan bahwa pada dewasa ini hanya para pendidik professional saja yang mempelajari psikologi pendidikan tidaklah dapat dipandang sebagai hal yang memang sudah selayaknya.

Ruang lingkup Psikologi

            Kalau sekiranya kita bertanya apakah psikologi pendidikan itu, lebih konkrit lagi, psikologi pendidikan itu membicarakan apa saja, maka akan kita dapatkan jawaban yang bermacam-macam sekali. Demikianlah misalnya kalau kita buka buku-buku yang berjudul Psikologi Pendidikan yang ditulis oleh penulis yang berbeda-beda,maka akan kita dapatkan pengupasan soal-soal yang berlain-lainan pula.
            Samuel Smith yang telah mengadakan study mengenai 18 buah buku-buku tentang psikologi pendidikan yang dipandang baik (standard textbooks) mendapatkan data yang menguatkan pernyataan di atas itu.
            Smith (Pintneret. Al, 1953, p. ix) mengolong-golongkan persoalan yang dikupas oleh ahli-ahli yang diselidikinya itu menjadi 16 macam,yaitu :
  1. The science of educational psychology
  2. Heredity
  3. Physicl structure
  4. Growth
  5. Behavior processes
  6. Nature and scope of learning
  7. Factor that condition learning
  8. Law and theories of learning
  9. Measurement : Basic principles and definitions
  10. Transfer of training subyect matter
  11. Practical aspect of measurement
  12. Element of statistics
  13. Mental hygiene
  14. Character education
  15. Psychology of secondary school subyect
  16. Psychology of elementary school subyect

Keenam belas pokok bahasan tersebut dikupas oleh hamper semua ahli yang diselidiki itu; walaupun proporsi yang diberikan dalam pengupasan itu tidak sama.Untuk memberi gambaran mengenai proporsi itu, yang sekaligus juga memberikan gambaran mengenai mengenai kedudukan masing- msaing pokok bahasan itu, di bawah ini dikemukakan table yang memuat banyaknya bab-bab yang mengupas masing-masing pokok bahasan itu. (Lihat table 1)
Pada table 1 tersebut ditunjukkan bahwa masalah yang sentral dalam psikologi pendidikan itu adalah masalah belajar.Hal yang demikian ini sebenarnya tidak mengherankan, karena sebenarnya belajar ( dan mengajar ) adalah tindak pelaksanaan dalam usaha pendidikan. Di dalam usaha mendidik anak-anak didik belajar dan sipendidik mengajar sesuatu kepada para anak didik itu.

Bagaimanakah seharusnya kita menghadapi soal ini ??

Seperti telah disinggung dimuka,kita harus bertolak dari proses pendidikan, yaitu proses di mana si pendidik dengan sengaja dan penuh tanggung jawab memberikan pengaruhnya kepada anak didik, demi kebahagiaan anak didik. Proses ini terjadi dalam situasi yang menyangkut banyak sekali hal, seprti pergaulan antara pendidik dan anak didik,tujuan yang akan dicapai,materi yang diberikan dalam prose situ, sarana yang dipakai, lingkungan yang menjadi ajang proses itu, dan sebagainya. Psikologi Pendidikan berusaha menjadikan kejian tentang factor-faktor psikologis yang berperan dalam proses pendidikan itu.


TABEL 1
POKOK-POKOK BAHASAN DALAM PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BANYAKNYA BAB-BAB YANG MENGUPAS MASING-MASING POKOK BAHASAN

( Berdasarkan data Samuel Smith )
 


No.                  POKOK BAHASAN                                         Banyaknya bab yang mengupasnya


 

1.         The science of  educational psychology                                                         16
2.         Heredity                                                                                                       20
3.         Physicl structure                                                                                           22
4.         Growth                                                                                                        38
5.         Behavior processes                                                                                      28
6.         Nature and scope of learning                                                                        42
7.         Factor that condition learning                                                                        61
8.         Law and theories of learning                                                                         24
9.         Measurement : Basic principles and definitions                                              16
10.       Transfer of training subyect matter                                                                30
11.       Practical aspect of measurement                                                                   35
12.       Element of statistics                                                                                       7
13.       Mental hygiene                                                                                             44
14.       Character education                                                                                     35
15.       Psychology of secondary school subyect                                                       22
16.       Psychology of elementary school subyect
 


            Di dalam proses pendidikan ini persoalan psikologis apa sajakah yang relevan? Pada hakekatnya inti persoalan psikologis terletak pada anak didik,sebab pendidikan adalah perlakuan terhadap anak didik dan secara psikologis perlakuan ini harus selaras mungkin dengan keadaan snak didik. Karena itu problem yang diajukan di atas itu dapat dijawab dengan menunjuk kepada sifat-sifat psikologis yang kita perlukan. Selain itu masih terdapat beberapa masalah khusus yang juga perlu penyorotan secara psikologis, seperti soal pendidikan orang dewasa, kesehatan mental serta bimbingan dan konseling, materi yang dipakai , evaluasi hasil pendidikan, dan sebagainya.  

1 komentar:

Hoho mengatakan...

artikel yang menarik...
thank you atas info nya...
http://opinika.blogspot.com/

Posting Komentar

Copyright 2010 Siungmas blog
Lunax Free Premium Blogger™ template by Introblogger