Tumbuhan merupakan satu-satunya makhluk hidup yang mampu menghasilkan bahan makanan sendiri. Daun yang ada pada tumbuhan merupakan tempat pengolahan yang di dalamnya diproduksi berbagai makanan yang diproses melalui bantuan sinar matahari yang merupakan  unsur  penting dalam pembuatan bahan makanan tersebut.

        Selanjutnya proses pembuatan bahan makanan dilakukan berdasarkan perpaduan berbagai unsure yang diperlukan.Unsur-unsur itu adalah karbon dioksida yang dihisap dari udara melalui pori-pori yang menutupi seluruh permukaan daun,sinar matahari yang diterima melalui daunnya,air yang diserap melalui akarnya serta kandungan zat pokok bagi terciptanya reaksi kimiawi dari percampuran unsure-unsur di atas.Di mana jika zat pokok ini tidak terdapat,maka reaksi tidak tercipta,meskipun semua unsure yang lainnya telah terpenuhi.
        Yang dimaksut dengan zat pokok itu adalah  klorofil (yahdhuur),atau zat warna hijau yang terdapat pada daun tumbuhan-tumbuhan.Klorofil atau pigmen hijau memang tak hanya berfungsi sebagai zat pewarna hijau pada daun saja.Ia memiliki peranan yang penting dalam proses pembuatan bahan makanan yang disebut dengan proses fotosintesis.
        Hampir semua makhluk hidup bergantung dari energi yang dihasilkan dalam fotosintesis. Akibatnya,fotosintesis menjadi sangat penting bagi kehidupan di bumi.Fotosintesis juga berjasa menghasilkan sebagian besar oksigen yang terdapat di atmosfer bumi.
        Jauh sebelum para ahli tumbuh-tumbuhan menemukan zat bernama klorofil, 1.400 tahun yang lalu kitab suci Al-Qur’an telah menyebut pentingnya zat warna hijau.
Simak Surah Al-An’am [6]: ayat 99: “Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit,lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan,maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau,Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai dan kebun-kebun anggur…”
        Secara singkat,fungsi dari klorofil ini adalah sebagai sumber pokok bagi electron yang banyak mengandung energi yang dihasilkan melalui ionisasi lkorofil.Elektron ini dibutuhkan dalam proses pembuatan berbagai bahan makanan di dalam sel.
        Dalam QS. Yasin ayat 80 Allah berfirman:
“Yaitu Tuhan yang menjadikan untukmu api dari kayu yang hijau,maka tiba-tiba kamu nyalakan (api) dari kayu itu”
        Ungkapan Al-Qur’an yang mengaitkan zat warna hijau yang dimiliki pepohonan menunjukkan peranan penting zat tersebut bagi kehidupan berbagai tumbuh-tumbuhan.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2010 Siungmas blog
Lunax Free Premium Blogger™ template by Introblogger